Daur Ulang Lantai Kayu Bekas

Posted on

Artikel ini ditujukan bagi Anda yang sudah memasang lantai kayu parket selama bertahun-tahun dan akan menggantinya dengan parket yang baru. Maka disitu akan ada lantai kayu lama,apa yang harus dilakukan dengan lantai parket lama Anda?

Gambar Lantai parket yang rusak

Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana anemo masyarakat Surabaya dalam menggunakan lantai kayu parket,saya juga sudah berikan informasi kios penjual lantai kayu Surabaya. Jadi tak perlu bertanya lagi dimana mendapatkan produk lantai kayu di Surabaya.

Jual lantai kayu Surabaya

Lantai kayu bekas pasang sebaiknya tidak dibuang ketempat sampah,masih bisa didaur ulang. Tindakan membuang lantai kayu lama bisa dibilang perbuatan yang tidak terpuji,tidak menghargai sebuah hasil karya dan dibenci oleh pecinta lantai kayu.

Baca juga : Perjalanan Panjang Penjualan Lantai Kayu di Indonesia

Mengganti Lantai Kayu Lama Anda

Dalam hal ini,sebelum memutuskan untuk mengganti parket lama Anda,sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan kontraktor Anda,bagaimana caranya agar lantai parket bekas ini masih bisa digunakan kembali,atau memilah terlebih dahulu parket mana yang benar-benar harus diganti baru dan sisanya hanya cukup dicoating ulang,sehingga tidak ada parket yang terbuang. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan kehati-hatian dalam membongkar parket lama agar tidak rusak,ini tugas kontraktor yang Anda tunjuk.

Anda pun bisa melakukan pembongkaran sendiri dengan penuh hati-hati,mungkin tidak akan sempurna dan akan ada goresan atau bagian yang rusak tapi yang terpenting adalah bagaimana caranya agar parket tersebut bisa dipakai kembali terutama untuk alur lidah atau system kuncian disetiap sisi nya tidak rusak. Untuk bagian permukaan yang tergores bisa diamplas ulang.

Sebelumnya kita bisa cari tahu cara pembongkaran lantai kayu parket melalui tutorial di Internet atau berkonsultasi langsung dengan perusahaan lantai kayu. Bergabunglah pada forum-forum pecinta lantai kayu,kita bisa mendapatkan banyak ilmu disana.

Setelah parket lama terbongkar semua,tinggal bagaimana melakukan nego dengan kontraktor Anda,apakah parket lama ini ditukar tambah dengan yang baru dengan separo harga? Atau memilih parket lama yang masih bisa digunakan kembali dan Anda hanya membayar jasa pasangnya saja. Membongkar biasanya lebih mudah dari pada memasang. Maka untuk pemasangan disarankan serahkan kepada ahlinya,mereka punya cukup banyak peralatan untuk ini dari mesin pengamplasan,pemoles hingga bahan untuk finishing.

Jika Anda tidak menginginkan parket lama dipasang kembali,Anda bisa mendonasikannya kepada yang membutuhkan.

Lantai kayu yang sudah mengalami refinishing atau recoating berkali-kali akan membuat ketebalan kayu semakin menipis,mungkin ini salah satu alasan kenapa Anda memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru.

Tengoklah disekitaran rumah Anda,mungkin ada tetangga atau teman Anda yang membutuhkan parket bekas dan mereka akan senang diberi meskipun parketnya ada bekas memar karena pukulan waktu pembongkaran. Atau jika tidak mau berbagi,bisa disimpan ditempat yang aman untuk dipergunakan lagi dimasa yang akan datang. Pastikan tempat penyimpanannya aman,terbebas dari rayap,berventilasi baik dan tidak lembab.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.